keunikan Anggrek

ADA APA DENGAN ANGGREK

 

 

Ada apa dengan anggrek, sepertinya judulnya agak aneh juga (Memang sengaja sih biar penasaran, he he). saya ingin mencoba menggugah rasa penasaran kita terhadap anggrek, so … mari kita telusuri keunikan-keunikan anggrek. Hasil dari pengalaman dan beberapa referensi yang pernah saya baca. (mudah-mudahan berguna)

 

Kalau ada yang bertanya apa sih yang membuat seorang hobis anggrek begitu mencintai anggreknya, mungkin ada berbagai jawaban yang muncul. Apakah itu karena bentuk bunganya yang begitu eksotik, apakah karena penampakan akarnya yang menjulur-julur unik. Yang pasti menurut padangan penulis anggrek memiliki daya tarik tersendiri dan hanya pemiliknya saja yang mampu merasakan keindahan tersebut. (ngomongnya terlalu berlebihan nggak sih … he he)

 

Yang membuat tertawa itu justru keindahan tersebut membuat harganya semakin melambung saja. Setiap hari minggu biasanya saya dengan keluarga jalan-jalan mengunjungi pasar kaget di sekitar soreang (Bandung) menggunakan motor, kebetulan ada beberapa penjual bunga yang menjual dagangannya. Saya pun mencoba bertanya mengenai harga sebuah anggrek Cattleya, wow ternyata satu buah tanaman tersebut dihargai sampai Rp. 150.000, dan sebuah paphiopedilum dihargai Rp. 80.000. Mahal sekali ternyata harga sebuah tanaman anggrek itu. Pantas saja kalau tanaman anggrek memilki imej yang khas dimasyarakat sebagai tanaman yang “wah”, mungkin karena harganya itu.

 

 

 

 

Dulu orang berpendapat bahwa anggrek adalah tumbuhan parasit, ternyata anggrek tidak merugikan tanaman yang ditumpanginya lho. Beberapa spesies anggrek memang menumpang hidup pada pohon yang besar untuk memperoleh keuntungan dalam mendapatkan air dan cahaya yang lebih baik. Anggrek yang bersifat seperti ini dinamakan efipit.

 

Anggrek dipakai sebagai lambang dan ciri khas daerah, contohnya anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) dianggap sebagai tanaman khas Jawa Barat. Ada juga Cattleya mossiae yang menjadi bunga nasional Venezuela. (Ini membuktikan bahwa anggrek adalah tanaman yang indah dan unik khan …)

 

(Cattleya mossiae)

 

Keluarga anggrek  terdiri dari 800 genus dan tidak kurang dari 25.000 spesies. Ini membuat anggrek atau orchidaceae termasuk kedalam famili yang paling rumit dan sulit untuk diulas dan dibuat catatannya secara lengkap, walaupun semua ahli dikumpulkan. (luar biasa khan …)

 

Anggrek memiliki keunikan untuk dapat dikawinkan antar spesiesnya bahkan ada yang antar genus juga lho (keren khan …). yang pertama kali mengawinkan anggrek ini adalah John Dominy dari Inggris, beliau mencoba menyilangkan antara dua spesies dari Calanthe, tanaman hasil silangan tersebut berhasil tumbuh dan berbunga dengan indah pada tahun 1856. keberhasilan penyilangan tersebut membuat suatu perkembangan baru dalam dunia holtikultura, hasilnya imej anggrek yang hanya berbunga ungu mulai berubah dan kita dapat menjumpai anggrek dalam berbagai variasi warna. Tidak hanya warnanya saja lho, kitapun dapat menjumpai anggrek raksasa ataupun yang mini, ada yang beraroma wangi ataupun bau, dsb. Dan yang lebih mengagetkan lagi setiap tahunnya ratusan hibrida baru terdaftar dan diterbitkan dalam Sanders’ list Of Orchids Hybrids. (Coba bayangkan berapa hibrida yang telah ada sampai sekarang …)

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: